1. Kegiatan menyeleksi karya dalam pameran sekolah didasarkan pada hal-hali di bawah ini, kecuali...
A. teknik penggarapan
B. jenis karya
C. nilai estetik karya
D. media yang digunakan
E. nilai jual karya
2. Tujuan ditentukannya tema dalam sebuah pameran adalah...
A. mempermudah pengunjung dalam menentukan objek apresiasinya agar tidak terpengaruh karya lainnya
B. mempermudah penyelenggara dalam mengelola karya yang dipamerkan
C. menghindari kebingungan para pengunjung pameran dalam mengapresiasi karya yang dipamerkan
D. membatasi karya-karya yang dipamerkan agar tidak terlalu banyak jenisnya
E. memperjelas tujuan dan misi dari pameran tersebut sehingga pameran seni rupa yang berjalan lebih spesifik pada satu topik
3. Yang bukan merupakan manfaat sebuah pameran seni rupa di bawah ini adalah...
A. Dapat menumbuhkan serta menambah kemampuan apresiasi terhadap seni rupa
B. Dapat melatih untuk bekerja sama dengan orang lain
C. Melatih sikap mandiri dan tanggung jawab
D. Memahami persoalan teknis para seniman dalam proses berkarya
E. Dapat menghilangkan stress dan kejenuhan
4. Tujuan diadakannnya penyusunan kepanitiaan dalam sebuah pameran seni rupa adalah...
A. Membagi tugas masing-masing personil yang terlibat dalam acara tersebut.
B. Melengkapi administrasi sebagai syarat yang harus tercantum dalam proposal pameran
C. Mempermudah dalam memberikan perintah pada saat penyelenggaraan pameran
D. Memberikan kesan pada pengunjung pameran agar terkesan profesional dan terencana
E. Membantu mengarahkan pengunjung pada saat melihat pameran
5. Pameran dilakukan di sekolah saat tidak ada kegiatan belajar mengajar seperti pada akhir semester atau menjelang acara pembagian raport. Hal tersebut merupakan pertimbangan dalam menentukan...
A. Perencanaan pameran
B. Tujuan penyelenggaraan pameran
C. Waktu dan tempat pameran
D. Tema dan tujuan pameran
E. Evaluasi dan pertanggungjawaban pameran
6. Media pendukung pameran yang berisi identitas seniman dan karya serta kuratorial penyelenggara pameran berfungsi sebagai penjelasan mengenai biodata seniman dan karya seni yang dipamerkannya umumnya dibuat dalam bentuk...
A. Brosur
B. Album
C. Buku panduan
D. Booklet
E. Katalog
7. Fungsi lain sebuah pameran seni rupa seperti di bawah ini, kecuali...
A. Sarana peningkatan daya ekspresi seniman.
B. Media memperluas cakrawala (wawasan) pengetahuan seni.
C. Sebagai tolok ukur perkembangan seni rupa.
D. Sebagai media komunikasi seniman dengan apresiator.
E. Sebagai sarana kompetisi mengukur kemampuan seniman
8. Selain untuk pertanggungjawaban kepada pihak-pihak tertentu, laporan pameran juga berfungsi untuk...
A. Kelengkapan administrasi saat membuat laporan penyelenggaraan pameran
B. Laporan penggunaan dana yang telah digunakan selama pelaksanaan pameran
C. Alat evaluasi kegiatan sehingga kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pameran
D. Mendokumentasikan momen-momen penting yang terjadi saat pelaksanaan pameran
E. Mengetahui jumlah pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan karya yang dipamerkan
9. Proposal pameran dibuat dengan memperhatikan sistematika proposal. Aspek yang harus ada dalam proposal diantaranya adalah...
A. Latar belakang, tujuan, tema, manfaat, susunan panitia, denah/lokasi pameran, anggaran dana
B. Latar belakang, tujuan, susunan panitia, manfaat, tema, fungsi, anggaran dana
C. Latar belakang, manfaat, fungsi, susunan panitia, denah/lokasi pameran
D. Latar belakang, manfaat, susunan panitia, denah lokasi pameran, dan penutup
E. Latar belakang, tujuan, tema, manfaat, susunan panitia, penutup
10. Unsur yang terdapat dalam laporan pelaksanaan pameran seperti di bawah ini, kecuali....
A. Laporan keuangan
B. Kelebihan
C. Dokumentasi
D. Hasil penjualan
E. Kelemahan
11. Hambatan yang mungkin terjadi apabila pameran dilakukan di tempat terbuka (outdoor) dibandingkan di dalam gedung diantaranya adalah...
A. Kesulitan menata karya yang dipamerkan
B. Memprediksi cuaca pada saat penyelenggaraan pameran
C. Kesulitan dalam menghitung jumlah pengunjung yang melihat pameran
D. Pengunjung yang datang tidak merasa nyaman dalam melihat karya
E. Alur masuk dan keluar pengunjung menjadi tidak teratur
12. Tujuan sosial dan kemanusiaan dalam pameran seni rupa adalah...
A. Untuk meningkatkan apresiasi dan wawasan seni masyarakat yang masih awam tentang nilai-nilai estetika
B. Untuk meningkatkan pendapatan ekonomis bagi seniman dan penyelenggara pameran
C. Untuk mengetahui seberapa besar kepekaan masyarakat terhadap lingkungan sosialnya
D. Untuk membantu masyarakat yang membuthkan bantuan seperti korban bencana alam, panti asuhan dan kegiatan kemanusiaan lainnya
E. Untuk mengukur kepedulian para seniman dan penyelenggara pameran terhadap kondisi lingkungan sosial masyarakat
13. Secara umum apresiasi seni atau mengapresiasi karya seni berarti, mengerti sepenuhnya seluk-beluk sesuatu hasil seni serta menjadi sensitif terhadap ...
A. segi-segi estetika
B. segi-segi keilmuan
C. segi-segi sosial
D. segi-segi filosofi
E. segi-segi ekonomis
14. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk dalam fungsi kritrik seni rupa adalah...
A. Menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya seni rupa, antara pencipta (perupa), karya, dan penikmat seni
B. Mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman, serta membangun kekurangan pada karya seninya
C. Membantu apresiator memahami karya, meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas
D. Menyamakan persepsi apresiator terhadap nilai-nilai estetik dan simbolik dalam karya seni rupa
E. Membiasakan sikap menghargai dan memahami seni beserta nilai-nilai estetik dan simbolik dalam karya seni rupa.
15. Apa yang dimaksud kritik populer?
A. Kritik yang dipelajari di sekolah oleh para guru dan siswa untuk bahan pembelajaran seni.
B. Kritik yang dibuat oleh para jurnalis untuk dimuat pada surat kabar.
C. Kritik yang dibuat dengan kajian ilmiah serta dilengkapi dengan penelitian sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara objektif dan rasional.
D. Kritik yang disampaikan oleh orang awam yang tidak terlalu memahami seni secara mendalam.
E. Kritik yang dibuat untuk kepentingan hiburan semata.
16. Dalam melakukan kritik seni, kritikus diharuskan memahami unsur-unsur seni dan prinsip-prinsip penataan atau penempatannya dalam sebuah karya seni. Pemahaman tersebut dapat dijadikan acuan untuk melakukan kritik seni pada tahapan….
A. Deskripsi
B. Penilaian
C. Analisis
D. Menentukan keputusan
E. Interpretasi
Baca juga:
17. Material subjeknya merupakan gambar tentang semut-semut yang mengerumuni sarang burung dan di atasnya dilapisi lembaran koran, di dalamnya terdapat berbagai macam makanan seperti beras putih yang diberi alas daun pisang di atasnya terdapat seekor semut,………
Penggalan kalimat di atas, diungkapkan pada tahapan kritik seni, yaitu tahap…
A. Deskripsi
B. Evaluasi
C. Analisis
D. Menentukan keputusan
E. Interpretasi
18. Permainan warna-warna tegas secara visual lebih mempertegas batas objek-objek di dalamnya. Penggunaan gelap terang lebih memberikan kesan benda tampil lebih realis, demikian pula dengan penggambaran perspektif yang akurat mampu mengarahkan pengamat seolah berada di dalam ruang tanpa batas. Kontras warna background dengan objek yang digambar sangat efektif menciptakan kontras pada lukisannya
Penggalan kalimat di atas, diungkapkan pada tahapan kritik seni, yaitu tahap…
A. Deskripsi
B. Evaluasi
C. Analisis
D. Menentukan keputusan
E. Interpretasi
19. Nilai estetis dapat bersifat objektif dan subjektif. Apakah yang dimaksud nilai estetis bersifat subjektif?
A. Nilai-nilai keindahan yang dipengaruhi karena popularitas senimannya
B. Nilai keindahan yang muncul dari wujud karya seni itu sendiri
C. Nilai keindahan yang ditentukan karena pengalaman estetis penikmatnya
D. Nilai keindahan yang muncul karena penilaian yang dipengaruhi orang lain
E. Keindahan yang terpancar dari komposisinya
20. Objek kritik pada karya seni rupa di bawah ini merupakan unsur yang biasanya diungkapkan dalam tahapan deskripsi karya meliputi...
A. Jenis karya, media, seniman, aliran, subjek matter, dan unsur-unsur rupa
B. Jenis karya, media, harga, seniman, aliran, unsur rupa dan komposisi
C. Media, seniman, ukuran, subjek matter, komposisi dan unsur-unsur rupa
D. Seniman, media, makna, ukuran, harga, komposisi dan unsur-unsur rupa
E. Subjek matter, komposisi, harga, ukuran, komposisi, dan unsur-unsur rupa
Demikian Contoh Kumpulan Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Seni Rupa untuk siswa kelas XII SMA/MA/SMK semua jurusan.
Semoga soal soal ini bermanfaat.
Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.