Notifikasi

Memuat…

Soal Ulangan Bab Proposal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK

Soal Ulangan Bab Proposal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK

Tak perlu berlama-lama, silakan perhatikan soal ulangan tersebut di bawah ini!

Soal Ulangan Bab 1 Proposal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK

Keterangan Soal:
Kelas /Semester : Kelas XI / Genap
Jumlah Soal pilihan Ganda : 10 soal
Jumlah Soal Essay : 3 soal

I. PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang (X)  pada salah satu huruf A, B, C, D atau E sebagai jawaban yang paling benar!
 
Cermatilah penggalan proposal berikut untuk menjawab soal nomor 1 s. d. 3!
Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pengaruh perkembangan globalisasi, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Era pasar bebas juga merupakan tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia karena terbuka peluang lembaga pendidikan dan tenaga pendidik dari [. . . ] masuk ke Indonesia. Untuk menghadapi pasar global tersebut, kebijakan pendidikan nasional harus dapat meningkatkan mutu pendidikan, baik akademik maupun [. . . ]. Selain itu, juga harus memperbaiki [. . . ] pendidikan agar lebih produktif dan efisien serta memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu, peneliti akan membahas dampak globalisasi tersebut terhadap pendidikan di Indonesia.
1. Makna istilah bercetak tebal pada teks tersebut adalah . . . .
a. jalan
b. pilihan
c. jaringan
d. peluang
e. kesempatan
 
2. Penggalan proposal tersebut merupakan unsur proposal bagian . . . .
a. latar belakang masalah
b. rumusan masalah
c. tujuan penelitian
d. sistematika penelitian
e. pembahasan masalah
 
3. Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
a. mancanegara, nonakademik, managemen
b. mancanegara, nonakademik, manajemen
c. mancanegara, non akademik, manajemen
d. manca negara, nonakademik, managemen
e. manca negara, non akademik, menejemen
 
Cermatilah kutipan proposal berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
 

Proposal 1

 

Membaca dan menulis merupakan dua jenis keterampilan yang harus dikuasai para siswa dalam bahasa dan sastra Indonesia, disamping menyimak dan berbicara. Namun, sayangnya dua keterampilan inilah yang selalu menjadi persoalan classic dalam dunia pendidikan di Indonesia. Reality kemampuan membaca dan menulis para siswa kita memang belum menggembirakan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sastrawan Taufiq ismail, melalui sebuah observation pada beberapa siswa di kawasan ASEAN bahwa anak-anak Indonesia rabun membaca dan pincak menulis.

Proposal 2

Secara khusus pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan daya baca dan tulis para pelajar dalam beragam keterampilan membaca. Siswa juga diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan berliterasi secara baik. Selain itu, juga akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelajar dalam mengembangkan bakat dan minat membaca dan menulis di sekolah.

 

 
4. Perbaikan kata yang bercetak miring pada penggalan teks proposal 1 tersebut adalah . . ..
a. klasik, realita, observasi
b. klasik, realita, observasi
c. clasik, realitas, observasi
d. klasik, realitas, observasi
e. klasik, realita, observasion
 
5. Perbedaan struktur proposal 1 dan proposal 2 beradasarkan kutipan tersebut adalah . . . .
Proposal 1                        Proposal 2
a. Kesimpulan                tujuan kegiatan
b. latar belakang            tujuan kegiatan
c. rumusan masalah       latar belakang
d. tujuan kegiatan          pembatasan masalah
e. Pembahasan               latar belakang
 
 
6. Cermatilah penggalan proposal berikut!

Sehubungan dengan hal itu, untuk mengetahui kadar keilmuan tulisan siswa maka perlu dilakukan kajian terhadap karya ilmiah yang dibuat siswa SMA Nusantara Semarang. Untuk itu, kajian atau penelitian dengan judul "Kadar Keilmuan Tulisan Siswa Nusantara Semarang pada Majalah Sekolah" penting untuk dilakukan. Rencana kegiatan ini dituangkan dalam proposal penelitian ini. 

 
Kata kerja tindakan yang terdapat pada penggalan proposal tersebut adalah . . . .
a. dibuat
b. penelitian
c. dilakukan
d. mengetahui
e. dituangkan
 
7. Cermati topik penelitian berikut!

Topik : Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Kembali ke Pangkal Jalan karya Yusrizal KW (Tinjauan Sosiologi Sastra) 

Kerangka proposal yang dapat ditulis pada bagian kajian teori adalah . . . .
a.  1. Pengertian nilai
    2. Kumpulan cerpen
    3. Sosiologi sastra

b. 1. Nilai sosial dalam kumpulan cerpen
    2. Materi unsur intrinsik
    3. Metode sosiologi sastra

c.  1. Jenis-jenis nilai
    2. Pengertian kumpulan cerpen
    3. Materi sosiologi

d.  1. Pengertian nilai sosial
    2. Materi pembelajaran
    3. Sosiologi sastra

e.  1. Jenis-jenis nilai sastra
    2. Nilai sosial dalam kumpulan cerpen
    3. Pendekatan sosiologi sastra
 
8.  Cermatilah judul proposal dan jenis kegiatan berikut!

Judul proposal:  

Kunjungan ke SD Pandeglang yang terkena musibah longsor

Jenis kegiatan:

(1) Perbaikan sarana belajar

(2) Pembagian sembako murah

(3) Pemulihan psikologi anak

(4) Rehabilitasi gedung sekolah

(5) Pelatihan penanganan bencana

Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal tersebut terdapat pada nomor . . . .
a. (1)  dan (2)
b. (1)  dan (4)
c. (4)  dan (5)
d. (3)  dan (4)  
e. (2)  dan (4)
 
9.  Cermatilah sistematika proposal berikut!

Judul proposal:  

Pelatihan Menulis Karangan Ilmiah untuk Penulis Pemula

Kerangka proposal:  

(1) Tujuan kegiatan
(2) Latar belakang
(3) Jenis kegiatan
(4) Anggaran biaya
(5) Sasaran kegiatan

Urutan sistematika proposal tersebut yang tepat adalah . . . .
a. (1) , (2) , (4) , (3) , dan (5)  
b. (2) , (1) , (4) , (5) , dan (3)  
c. (2) , (1) , (5) , (3) , dan (4)
d. (2) , (5) , (1) , (3) , dan (4)
e. (4) , (5) , (3) , (1) , dan (5)
 
Cermatilah penggalan proposal berikut!

Pendidikan jurnalistik sangat perlu diajarkan pada siswa SMA. Meskipun tidak harus menjadi mata pelajaran formal, pendidikan jurnalistik perlu dicoba melalui sebuah diklat. Cara ini lebih efektif untuk menampung bakat siswa dalam dunia tulis menulis. Kreativitas siswa pun diharapkan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Selain itu, gerakan literasi di sekolah juga akan semakin meningkat. Untuk itu, perlu sebuah upaya pembekalan terhadap siswa akan pentingnya pelatihan jurnalistik. 

10. Tujuan proposal yang sesuai dengan latar belakang tersebut adalah . . . .
a. mengadakan diklat jurnalistik khusus bagi pelajar SMA
b. menjadikan mata pelajaran jurnalistik di sekolah menengah
c. mengembangkan kreativitas siswa melalui pendidikan jurnalistik
d. meningkatkan bakat pada pelajar agar dapat membaca dan menulis
e. menampung bakat siswa dalam bidang menulis, khususnya bentuk karangan
 
II. SOAL URAIAN
Cermatilah penggalan teks proposal berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!

Salah satu permasalahan di bidang kelautan adalah rusaknya terumbu karang. Saat ini kerusakan terumbu karang di wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke sudah mencapai 46%. Kerusakan terumbu karang tidak hanya disebabkan oleh factor alam, tetapi juga factor manusia, seperti aktifitas pengeboman ikan dan penyelundupan terumbu karang. Jika hal ini tidak segera ditangani dengan serius, terumbu karang akan mengalami kepunahan dalam waktu yang tidak lama. Perlu upaya pemulihan dan konserfasi laut agar kehidupan terumbu karang tetap terjaga. 

 
1. Buatlah kalimat rumusan masalah berdasarkan permasalahan tersebut!
a.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
b.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  
2. Tentukan dua jenis/ bentuk kegiatan yang sesuai dengan permasalahan tersebut!
a.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
b.  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
 
3. Perbaikilah penulisan kata yang bercetak miring dalam teks tersebut!

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

---selesai---


Demikian contoh soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Bab Proposal. Sekian. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
Posting Komentar