Notifikasi

Memuat…

Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XI SMA/MA Kurikulum 2013

Setelah kami membagikan RPP 1 lembar Geografi kelas X, XI dan XII SMA/MA, pada postingan kali ini kami akan membagikan RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA.

Tujuan postingan kami ini tidak lain adalah untuk berbagi satu sama lain. Postingan Download RPP 1 lembar didasari banyaknya guru yang masih merasa kesulitan mengakses perangkat pembelajaran. 

Di berbagai sosial media, perangkat perangkat tersebut tidak dapat secara bebas. Secara pribadi, ada rasa keprihatinan dari diri kami. Oleh karenanya, dengan postingan ini, diharapkan para guru bisa mengakses perangkat tersebut dengan gratis.

Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XI SMA/MA Kurikulum 2013

Baca juga: Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester Ganjil beserta Kunci Jawaban

Perlu bapak ibu guru ketahui, bahwa Perangkat yang akan bapak ibu guru akses ini merupakan perangkat yang sesuai dengan kurikulum 2013 terbaru. Subtansi dari RPP 1 lembar ini terdiri dari 3 pokok, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. 

Isi dari RPP ini sangatlah cocok dengan program nasional kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi yaitu merdeka belajar.

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XI SMA/MA Kurikulum 2013

Sistematika RPP ini ada 3 bagian utama. Pada bagian awal, ada identitas sekolah. Pada bagian selanjutnya ada tujuan pembelajaran, ada kegiatan pembelajaran dan terkahir adalah penilaian. 

Isi RPP 1 lembar ini kurang lebih bisa bapak ibu saksikan pada tautan link di bawah ini.

Baca juga: Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA beserta Kunci Jawaban

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : SMA Negeri Semarang
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (2 x 45 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran think-pair-share dan metode tanya jawab, diskusi kelompok, dan pemberian tugas, peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan sistematika teks laporan hasil observasi yang dibaca, menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi teks laporan hasil observasi dalam bentuk visual; memformulasikan unsur kebahasaan teks laporan hasil observasi, menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan dengan sikap religiositas ( beriman, taqwa, peduli lingkungan), mandiri ( percaya diri, disiplin, rasa ingin tahu, dan berpikir kritis), gotong royong (kerja sama), dan integritas (konsisten, jujur).


B. Kegiatan Pembelajaran

1. Memberi salam dan mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan
2. Mendiskusikan materi yang berkaitan dengan:
a. Mengidentifikasi isi dan sistematika teks laporan hasil observasi yang dibaca.
b. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi teks laporan hasil observasi baik secara
lisan maupun tulis
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks laporan hasil observasi tenta
d. Menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, sistematika dan
kebahasaan.
3. Memperhatikan ilustrasi tentang teks laporan hasil observasi yang disampaikan guru.
4. Menjawab pertanyaan guru tentang konsep teks laporan hasil observasi.
5. Memperhatikan contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah (memberi pemahaman anak
tentang adiwiyata) yang disajikan guru.
6. Bertanya jawab dan berdiskusi untuk menganalisis isi dan sistematika teks laporan hasil observasi.
7. Peserta didik secara berpasangan menganalisis sistematika dan unsur-unsur isi teks laporan hasil
observasi yang dibawa dari rumah.
8. Salah satu pasangan mempresentasikan hasil analisinya dan pasangan lain mengomentari
9. Kegiatan berlanjut dengan presentasi oleh pasangan lainnya
10. Berdiskusi secara klasikal untuk memadukan pendapat.
11. Peserta didik menulis teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan sistematika dan
kebahasaannya.
12. Peserta didik menganalisis teks laporan hasil observasi yang telah dibuat teman dari unsur isi,
sistematika, dan kebahasaan.
13. Membuat kesimpulan bersama tentang isi dan sistematika teks laporan hasil observasi.
14. Evaluasi/ tes akhir berkaitan dengan materi isi dan sistematika teks laporan hasil observasi
15. Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang isi dan sistematika teks laporan hasil observasi
kemudian guru mengaitkannya dengan tujuan yang harus dicapai
16. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang ketercapaian hasil isi dan
sistematika teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari.
17. Menyanyikan lagu mars SSK (Sekolah Siaga Kependudukan)
18. Memberikan tugas kepada peserta didik dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari untuk
dibahas dipertemuan berikutnya.

C. Asesmen (Penilaian)
1) Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran dengan cara pengamatan dan observasi.
2) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara menyusun teks laporan hasil observasi dengan
memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan..
3) Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara menentukan kepercayaan diri peserta didik dalam
mengerjakan tugas dan bekerja sama dalam diskusi kelompok/berpasangan.

Baca juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 beserta Kunci Jawaban

Donwload RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA/MA Kurikulum 2013

Jika berkenan, bapak ibu guru bisa mengakses file RPP tersebut pada link di bawah ini.

Download RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA

Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/MA/SMK Beserta Jawabannya

Download RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA

Download RPP 1 lembar Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA

Demikian postingan kami mengenai download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XI SMA/MA Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
Posting Komentar