Download Silabus & RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 5 Revisi Terbaru Kurikulum 2013
Pada postingan kali ini, kami akan membagikan link download RPP 1 Lembar RPP 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 terbaru Kurikulum 2013 edisi revisi. RPP SD Kelas 4. Download RPP Tema 5 subtema 1 subtema 3 Kelas 4 SD. Download Silabus dan RPP SD. Download RPP Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 kelas 4 k13.
Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membagikan secara percuma beberapa link Download RPP Tema 5 subtema 1 subtema 3 Kelas 4 SD. Download Silabus dan RPP SD. Download RPP Tema 5 subtema 1 sampai subtema 3 kelas 4 k13.
Kelebihan dari RPP satu lembar ini adalah format file berupa docx. dan doc. Contoh RPP yang kami posting ini digunakan sebagai acuan untuk semester 1 dan semester 2. Bapak-ibu guru semua bisa merubah dan mengeditnya dengan mudah sesuai harapan bapak ibu guru semuanya.
A. RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2020 yang kami sajikan ini merupakan contoh sederhana. Bapak Ibu Guru bisa melakukan ATM (Amati , Tiru dan Modifikasi). Bapak Ibu Guru bisa menyesuaikan perngkat ini dengan keinginan bapak iu guru. Buatlah perangkat senyaman dan sebaik mungkin menurut bapak Ibu guru sekalain.
B. Untuk Komponen Utama RPP KURIKULUM 2013 3 KOMPONEN REVISI 2020
Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Terdiri dari
1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Penilaian Asessment
C. LAMPIRAN Merupakan Contoh Uraian dari Penilaian / Assesment
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : SDN Padangsari 02
Kelas / Semester : IV / 1 (Satu)
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 1 : Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
1. Setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Setelah menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Budha dan Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
5. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
6. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
- Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pahlawanku”. Nasionalis
- Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
- Sebelumnya guru menempelkan gambar seorang anak yang membantu kakek menyeberang jalan. (Mengamati)
- Guru meminta pendapat siswa tentang kejadian yang ada di dalam gambar. Guru membuat kesimpulan bahwa anak tersebutmemiliki sikap kepahlawanan. Communication
- Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan banyak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari Raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam.(Mengkomunikasikan)
- Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. Mandiri
- Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan yang ada dan mendiskusikan jawabannya di kelompok masing-masing. (Menanya)
- Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (Mengkomunikasikan)
- Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk menjawab. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Collaboration
- Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca teks tentang Raja Purnawarman dalam hati. Literasi
- Setiap siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dan secara klasikal guru membahas jawabannya. (Menanya)
- Siswa kemudian memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian menceritakan kembali isi bacaan dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada, runtut dan menggunakan ejaan yang benar.
- Guru menyampaikan rubrik penilaiankepada siswa. Communication
- Guru memberi contoh bahwa peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat. Critical Thinking and Problem Solving
- Guru meminta siswa untuk memberikan beberapa contoh sikap kepahlawanan dari Raja-Raja tersebut yang terlihat di sekitar mereka. Creativity and Innovatio
- Siswa menuliskan nilai-nilai perjuangan atau peninggalan lainnya dari para raja yang mempengaruhi masyarakat atau daerah di mana mereka tinggal. Tulisan bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda-benda bersejarah. Nasionalis
- Karena kegiatan berikutnya adalah percobaan, guru sebaiknya mempersiapkan perlengkapan percobaan sebelum kelas dimulai. Perlengkapan dikelompokkan berdasarkan kelompok. Gotong Royong
- Guru meminta satu perwakilan untuk mengambil perlengkapan percobaan.
- Siswa dan guru membuat kesepakatan tentang percobaan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.
- Kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku pelajaran. Collaboration
- Setiap siswa mencatat hasil percobaan pada tabel yang telah disiapkan. Mandiri
- Di akhir laporannya siswa menuliskan kesimpulan. Siswa menyampaikan hasil laporannya di kelompok masing-masing dan perwakilan bisa menyampaikannya di depan kelas. Guru menambah informasi yang dibutuhkan sebagai penguatan. Integritas
- Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
- Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.