Download Silabus & RPP 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 4 Revisi Terbaru Kurikulum 2013
RPP 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 4 subtema 1 sampai subtema 4 terbaru Kurikulum 2013 edisi revisi. RPP SD Kelas 1. Download RPP Tema 4 subtema 1 subtema 4 Kelas 1 SD. Download Silabus dan RPP SD. download rpp Tema 4 subtema 1 sampai subtema 4 kelas 4 k13.
Sesuai intruksi mas menteri Nadiem Makarim tentang merdeka belajar, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan Silabus dan RPP 1 Lembar Tema 1 subtema 1 sampai subtema 4 Kelas 1 SD terbaru Kurikulum 2013.
RPP Tema 4 subtema 1 sampai subtema 4 ini dibuat oleh guru SD kelas 1. RPP ini dibuat dan dimusyawarahkan pada saat Workshop Identifikasi Esensial Kurikulum 2013 Provinsi Jawa Tengah. Jadi, kredibilitas dan kualitas RPP 1 lembar ini tidak perlu diragukan lagi.
Kelebihan dari RPP satu lembar ini adalah format file berupa docx. dan doc. RPP yang kami posting ini digunakan untuk sesester 1 dan semester 2. Bapak-ibu guru semua bisa merubah dan mengeditnya dengan mudah sesuai harapan bapak ibu guru semuanya.
Berikut kami sampaikan contoh RPP yang bisa bapak ibu guru gunakan sebagai dasar pembuatan RPP satu lembar.
SDN BANYUMANIK 03 2020/2021
Tema : 4
Subtema : 1
Pembelajaran : 1
Periode : Oktober Minggu 3
Tujuan Pembelajaran
- Menghafalkan sila pertama Pancasila.
- Mengarahkan cara bersyukur memiliki keluarga sesuai sila pertama Pancasila.
- Melakukan kegiatan membaca teks Keluarga Udin.
- Melakukan kegiatan menulis nama dari keluarga Udin.
- Memperkenalkan keluarga inti.
- Melakukan kegiatan menyanyi lagu Sayang Semuanya dengan tinggi rendah lagu.
- Menghafalkan sila pertama Pancasila
- Praktik cara bersyukur memiliki keluarga sesuai sila pertama Pancasila
- Membaca bersama teks Keluarga Udin
- Menulis nama dari Keluarga Udin
- Menunjukkan foto dan memperkenalkan keluarga inti
- Menyanyikan lagu Sayang Semuanya Cip Bu Kasur
- Bercerita tentang isi lagu Sayang Semuanya
- Melakukan refeksi
Menghafal sila pertama Pancasila
Pengetahuan (kesesuaian dengan sila Pancasila)
Keterampilan (hafal sila pertama, lafal, intonasi)
Sikap (berani, semangat)
Menyanyi lagu Sayang Semua
Pengetahuan (kesesuaian dengan syair lagu)Keterampilan (hafal syair, mimik, tinggi rendah, gerakan)Sikap (berani, semangat)
Pengetahuan (Kesesuaian tema)Keterampilan (runtut dan lancar)Sikap (berani, dan semangat)
Mengetahui, Semarang, Oktober 2020
Kepala Sekolah Guru kelas 1
Parna, S.Pd Siska Rochmanita K, S.Pd.SD
NIP. NIP.
Lampiran Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, Seni Budaya dan Prakarya
- Dengan bimbingan guru, siswa bersama-sama membaca teks Keluarga Udin. (Literasi)
- Siswa difasilitasi bertanya jawab tentang teks Keluarga Udin.
- siswa berlatih kembali mengenal keluarga Udin, dengan menyebutkan nama namanya.
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan menyanyikan lagu Sayang Semuanya dengan memperhatikan suara tinggi atau rendah. (Critical Thinking and Problem Solving)
- Siswa menyanyikan lagu secara bersama. (Integritas)
- Siswa diminta mendiskusikan isi lagu tersebut dengan teman sebelahnya. Guru membimbing jalannya diskusi. ( Collaboration)
- Perwakilan siswa menceritakan hasil diskusi di depan kelas.
- Guru menunjukkan foto keluarga dari salah satu siswa.
- Guru dapat memberikan pertanyaan,
~Siapa nama Ayahnya?
~Berapa anggota keluarga yang perempuan?
- Siswa menyimak arahan guru tentang cara perkenalan yang baik :
~Mengucapkan salam pembuka.~Menyebutkan nama diri.~Menyebutkan nama ayah.~Menyebutkan nama ibu.~Mengucapkan terima kasih~Mengucapkan salam penutup.
- Siswa mempraktikkan perkenalan anggota keluarga di depan kelas. Siswa diarahkan jika mengalami kesulitan dalam perkenalan. (Mandiri)
- Siswa menyimak cerita guru bahwa negara kita memiliki dasar negara Pancasila. (Nasionalis)
- Guru mengarahkan pemahaman siswa bahwa bersyukur kepada Tuhan atas karunia berupa keluarga yang bahagia sesuai dengan sila pertama Pancasila. (Religius)
- Bersama guru, siswa menghafalkan sila pertama Pancasila.
- Secara berkelompok, siswa diminta mengurutkan teks Pancasila sesuai dengan teks yang ada di buku siswa. (Gotong-royong)
- Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab tentang bentuk-bentuk rasa syukur yang bisa dilakukan oleh siswa. (creativity and Innovation)
- Mencakup sikap , pengetahuan dan keterampilan Sikap diobservasi selama kegiatan mencakup ketekunan, ketelitihan, dan kerjasama serta disiplin dalam mengerjakan tugas
- Pemahaman tentang sila pertama Pancasila Keterampilan menghafal sila pertama Pancasila serta bercerita/memperkenalkan keluarga inti
- Mencakup sikap , pengetahuan dan keterampilan Sikap diobservasi selama kegiatan menampilkan lagu Bangun Tidur yaitu keberanian, percaya diri dan kesungguhan
- Pemahaman tentang cara menyanyikan dan membaca syair lagu bangun idur Keterampilan mencakup kejelasan ucapan dan ketepatan nada dan dinamik yang digunakan