PURA BUKIT GUMANG
Riwayat Pura Gumang – Kabarnya pura Gumang berawal dari Pura Bukit Byaha yang berada dalam suatu gili yang disebutkan Byaha yang berada di tengah-tengah laut di samping selatan Bukit Gumang.
Dari sini Bhatara Gede Gumang yang waktu itu namanya Si Hyang Sinuhun Kidul dan berstana di Bukit Uluwatu, menyunting putri Bhatara di Bukit Byaha yang namanya Dewi Ayu Mas untuk jadi prameswari. Sesudah Beliau jadi ardhanareswari (suami-istri), lalu beliau ke arah Bukit Gumang dan membangun kahyangan (pura) selaku sthana beliau, di sini beliau berparab Bhatara Gede Gumang. Disini beliau masih tinggal sampai saat ini dan dipuji oleh warga Bugbug dengan panggilan Ida Gede dan mengajar warga Bugbug mengenai tata krama, bermasyarakat, bertani, berternak, berlayar, membuat perlengkapan baik dari kayu atau dari besi dan lain-lain.
Ida Gde (Bhatara Gede Gumang) lalu mengawali buka area persawahan dan membangun beberapa gubuk, mengajar beberapa orang disekitar Bukit Gumang bajak, berternakdan beberapaya, yang berada di Sabuni, Tegakin, Malegok, Lumpadang(Ulun padang), Belong dan mnedirikan tempat memande di Malegok yang saat ini jadi Pura Pande. Selanjutnya diteruskan di Mel Pahang, Pangiyu, Gantalan, Gorek, Lebah Kangin (Teba Kangin) dan Delod Poh.
Mengenai banyaknya orang pada waktu itu sejumlah lebih kurang 120 orang yang terbagi dalam delapan orang pimpinan yang disebutkan Lepas dan 112 orang Pengayah yang disebutkan Krama. Beberapa orang berikut sebagai asal-usul terciptanya dusun Bugbug dan krama dusun Bugbug yang disebutkan "Krama Dusun Ngarep i satus roras muwah lepas akutus" dengan memberi bukti tanah sawah yang dibagi-bagikan ke krama (warga) waktu itu cuman untuk kesejahteraan dan ongkos pengaci-aci (upacara keagamaan), yang terbagi dalam 8 petak (kutus saih) tanah sawah dengan ayah "lepas" dan 112 petak (satus roras saih) tanah sawah dengan ayah krama. Seterusnya untuk mengairi area sawah itu, lalu Ida Gede (Bhatara Gede Gumang) membuat sungai disamping barat Bukit Penyu (Bukit Dusun saat ini) yang disebutkan Tukad Buhu.Sesudah sukses membuat sungai, pada waktu itu Krama Bugbug janji akan ngaturang pangaci( puja wali ) dan tiap anak yang lahir baik lelaki atau wanita akan ngaturang guling (mapinton) di saat usaba/ aci-aci besar di pura gumang yakni yang hadirnya tiap dua tahun sekali.
"…mangkana denira mintonaken, matemahan kagiat watek dewatane ring gunung," ( Salinan Lontar Pangaci-aci, I Nyoman Punia)
Sesudah lama menempati beberapa gubuk di area persawahan itu, lalu pada sasih kawolu terjadi hujan lebat tanpa berhenti-hentinya dan meyebabkan banjir dalam periode saat yang lumayan lama, hingga jadi penghalang untuk warga untuk melakukan aktivitas, terhitung penguburan mayat dan lain-lain. Karena itu muncul kemauan Ida Gede (Bhatara Gede gumang) untuk mempersatukan beberapa gubuk itu mnejadi satu.
Lokasi yang diputuskan pertama ialah Pangiyu (Lateng Ngiyu), tetapi sesudah jadi perhatian secara cermat tempat itu buruk. Karena itu ditinjaulah kembali lagi wilayah samping timur Bukit Penyu dan ada satu telaga warna biru yang namanya " Banyu Wka" atau Telaga Ngembeng yang disebut lokasi yang datar, luas dan cantik.
Disnilah beliau membuat suatu dusun dengan menumpuk (ngurug) Telaga Ngembeng itu dengan mempersatukan beberapa gubuk yang menyebar di area persawahan itu, bernama Dusun Bugbug. Makna kata Bugbug bermakna bergabung atau berpadu.
"….reh sapa kwehing roang, dwaning kabugbug, ana seket, ana satus….tan tuna atunggalan bambang kabugbug….."
(AA. Ngurah Mangku, Puri Anom Jambe Merik Pucangan, 1976).
berarti:
….karena berapa saja jumlah teman (anggota), sebab telah terkumpul, ada lima puluh, ada 100 banyaknya, tiada terkecuali dihimpun jadi satu tempat (bambang).
Disini beliau lalu jadi satu (bersama) dengan Bhatara Saat berstana di Bale Agung dengan panggilan Bhatara Gede Sakti
Ini dimuat dalam beberapa lontar atau purana yang mengatakan jika Pura yang diketahui selaku Pura Gumang sekarang ini, bermula dari Pura Bukit Byaha diantaranya:
Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul
mengatakan selaku berikut ini:
" …hana katmu denta gunung tinengeran giri radja maring airsanya ya ta gunung mas mapucak manik adasar ratna komalawinten akrikil mirah apasir podi, ya tika agranira hyang mahameru nguni, ingsun ginawa mareng bangsul, sun kronis tinagen, kang sebagi dadi gunung batur makadapur kode hyang agni siring pretiwi tala, ikang sabagi isornya sun dadiakna gunung rinjani, ikang pucak iradadi hyang tolangkir ngaran gunung agung, ikang pucaknya manadi pagunungan mwah, gempar sasor nikang gunung agungika lwirnya, saka purwa amilangi, kawruh akna pangaranya, gunung tasahi, kulonya gunung pangelengan, kulonya gunung mangu, kulonya gunung silanjana, kulonya gunung beratan, kulonya gunung watukaru, kulonya mwah pagunungan naga loka, kulonya mwahngaran gunung pulaki, mangidul wetan sangke rika hana gunung pucuk sangkur, bukit rangda, trate bang, mangetanya mwah padangdawa, mwah ikang ikang kasisi kidul hana gunung adakasa, mwang huluwatu, lagi mangetan maring Ghneya desanira hana Gunung byaha, mwang byasmuntig, ikang maring purwa hana gunung lempuyang, mangalor sangke rika hana gunung sraya, samangkana prasama dadyaning acala sumimpa mareng bangsul…."
(Riwayat Pembangunan pura-Pura di Bali, ketut Soebandi, CV. Kayu Mas Denpasar, 1983).
Berarti:
"….kamu akan menemui gunung agung selaku sinyal gunung yang besar , di samping timur laut itu selaku gunung mas yang berpuncak manik berdasarkan ratna komala winten berbatu mirah berpasir padi, itu pucuknya hyang mahameru dulu, saya membawa ke bali, saya bagi jadi tiga, yang beberapa jadi gunung batur selaku dapur kode hyang agni di bumi yang berada di bawahnya, yang beberapa dibawahnya saya buat jadi gunung rinjani, sedang pucuknya jadi hyang tolangkir, namanya gunung agung, pucuknya jadi pegunungan dan gundukan dibawahnya gunung agung itu ibarat dari timur mengjitungnya, kenalilah namanya gunung tasahi, dibaratnya gunung pangelengan, di baratnya gunung mangu, dibaratnya gunung silanjana, di baratnya gunung beratan, di baratnya gunung watukaru, di baratnya pegunungan nagaloka, di baratnya namanya gunung pulaki, ke selatan dan ke timur (ketenggara) disana ada gunung pucuk sangkur, bukit rangda, trate bang, ke samping timur kembali ada padangdawa, sedang di pantai selatan ada gunung adakasa dan uluwatu, langsung ke timur di samping tenggara tempatnya ada gunung byaha dan byasmuntig, yang di samping timur ada gunung lempuyang, ke samping utara disana ada gunung sraya, demikian semua mengenai gunung-gunung yang melingkari pulau bali,…dst"
Lontar Babad Dusun Jumpungan, mengatakan selaku berikut ini:
1b-2a "..i Renggan luas mangalih pakarangan ka Bias Muntig, apanga dadi tenget, mangaji ada I Gotra, I Gotra manunas kasiden tanda tangan Dewane di bukit Byaha, manunas Gumi Nusane sing mangwasayang, wenang I Macaling managih peti…"
(Gedong Kirtya Singaraja, No. 819)
Berarti:
….i Renggan pergi cari rumah di Bias Muntig, supaya jadi menyeramkan disitu, lalu bermeditasi lahirlah I Gotra, I Gotra meminta kesuksesan (kawisesan) ke bhatara di Bukit Byaha, meminta supaya Bumi Nusa (Nusa Penida) siapa yang pimpin. supaya masih I Macaling yang minta Upeti (korban manusia)…
Mantra Pawungu Bhatara Ring Byaha, mengatakan sebagai berikut:
….niyan iki kaweruhakna denta wang pakraman I Bugbug…kahyangan niramaring agraning gunung juru ngaran kahyangan bhatareng byaha, nga, …//…iti wuwus ira…, ma, Ong Ung Manik Anrawang Suksmantara dewa ya namah swaha,…
(Salinan lontar satu helai, I Nyoman Punia, alm.)
Berarti:
…inilah yang harus dipahami oleh warga di Bugbug…pemujaanKu yang di pucuk Bukit Juru ialah penyembahan Bhatara di Byaha…//…ini sabdaKU…ma,… dst.
Weda Mantram penghormatan Ring Bukit Byaha, ma:
Om Ung Manik Anrawang Suksma Anantara Dewa Ya Namah Swaha.
(Dasar ke-Pemangkuan/ke-sulinggihan, I Nyoman Satrya Atmanandi, BA, 1973, Mantram no.46)
KISAH DARI BUKIT BYAHA KE ULUWATU KEMUDIAN KE UKIR GUMANG
Dikisahkan Bhatara Sasuhunan di pura Gumang berawal dari Bhatara Sasuhunan yang waktu itu namanya Si Hyang Sinuhun Kidul yang berstana di Pura Bukit Uluwatu menyunting putri Bhatara di Bukit Byaha yang namanya Dewi Ayu Mas (Bhatara Ayu Mas). Setelah beliau jadi ardhanereswari (suami-istri), bersama jadi sasuhunan / panembahan di pura Bukit Uluwatu bernama Bhatara Gede Sakti. Sesudah beliau diberi bawa tattwa usadha dan tattwa kedyatmikan bersama dengan Bhagawan Sakru, Bhagawan Mangga Puspa, Mpu Siwa Sogata (siwa-Budha), ke arah Ukir Gumang yang pada akhirnya beliau tinggal dan jadi Sasuhunan/panembahan di Bukit Gumang bernama Bhatara Gede Gumang sampai saat ini.
Ini dimuat dalam Kutara Kanda Purana Dewa Bangsul yang mengatakan selaku berikut ini:
"…tucapa ri laminia Bhatara Guru alungguh ring candipura sada kang karena itu wit jagat bangsul kapertama, mangke kawinuwus malih temangsul turunaniara Hyang Puru Sada, sira mangreka jagat ring banwa asya, kang inagaran Bhagawan Manggapuspa sira agung tan sepira, kaya gunung tour apanjang alingga ring tengahing sagara, nagwetuaken putra sawiji, subaga aluhur, kaya si yayah, agung ira hyang nenek moyang, doning mangkana, sira kabaweh aran, nga, tasira Dewa Gde Kebo Iwa, ring mangkana dewa gde Kebo iwa kahinadehaken pajenengan ring bangsul, ingaran sira Radja Pajenengan, riwus sira angadeg pajenengan ingaran Si Hyang Sinuhun Kidul, salamenira angadeg pajenengan ring bangsul, sira akahyangan ring Bukit Uluwatu, salamenira ingkana tucapa sira angamet prameswari karena sangat putra nira Bhatara ring bukit Byaha , kang apanengeran Dewi Ayu Mas. riwus sira aprameswari angadeg pejenengan ingaran Radja Sinuhun Kidul, prasama den prameswarinira kang ngaran Dewi Ayu Mas. Hyang Sinuhun Kidul kaginucap Bhatara Gede Sakti , ri mangkana wenang kwruhakna denta lingganing Bhatara, nga, lwirnia:
1.Duk kari jajaka , nga, sira Ki Taruna Bali
2.Duknia angadeg pajenengan, sira ngaran Si Hyang Sinuhun Kidul
3.Duknia mamundut tattwa usada mwang tattwa kedyatmikan, nga, sira bhatara Gede Sakti Ngawa Rat.
4.Duknia mamundut tattwa usada mwang tattwa kedyatmikan, papareng sira Bhagawan Sakru, Bhagawan Manggapuspa, Mpu siwa sogata, jumujug maring Bukit Gumang,nga, sira Bhatara Gede Gumang
5.Duk sira manunggal musuh BHatara Saat alingga ring bale agung, nga, Bhatara Gede Sakti.
6.Duk sira angrencana ring banwa bangsul, nga, sira Dewa Gede Kebo Iwa
7.Duk sira lamaku mamundut sampir magelang kana , masalimpet kiwa tengen, nga, Bhatara Guru.
8.Duk sira mamundut sulambang manggawe linggih tirta, nga, tirta tlaga waja, tirta bima, tirta wayu, tirta sudamala, tirta erabang, tirta mambar mumbur, tirta sapuh jagat, tirta pasupati, tirta pariampeh, tirta bungkah, tirta sampyan mas, duking mangkana sira maharan Bhatara Amurbeng Rat,…."
(salinan Tambra Prasasti , Sari Manik Pura Tuluk biyu, yang aslinya disimpan di Pua Tuluk Biyu Batur Kintamani, oleh I Ketut sudarsana, Br. Basang Tamyang Dusun Tradisi Kapal).
Berarti:
…diceritakan sepanjang Bhatara Guru berstana di Candi Pura Sada yang disebut awalnya dari pulau Bali yang pertama, lalu dikisahkan kembali mengenai turunan Beliau Hyang Pura Sada, beliaulah yang membuat (melingkari) "banwa asya" bernama Bhagawan Manggapuspa. beliau maha besar , seperti gunung yang menjualang tinggi yang ada di tengah-tengah lautan , melahirkan seorang putra dengan senang sebab Hyang Nenek moyang dengan begitu beliau dinamakan dengan panggilan Dewa Gede Kebo Iwa, semenjak itu Dewa Gde Kebo Iwa dikukuhkan selaku junjungan (sasuhunan) di pulau Bali, dengan panggilan Radja Pajenengan (Sasuhunan)setelah beliau dikukuhkan selaku junjungan (sesuhunan) namanya Si Hyang Sinuhun Kidul ,sepanjang beliau dikukuhkan jadi junjungan (sasuhunan) di pulau Bali beliau berstana di Bukit Uluwatu, semenjak beliau disitu, dikisahkanlah beliau menyunting putri ardhanareswarii (suami-istri) dan jadi Junjungan (sasuhunan) namanya Radja sinuhun Kidul bersama dengan istri beliau yang namanya Dewi Ayu Mas, Hyang Sinuhun Kidul disebutkan Bhatara Gede Sakti, dengan begitu harus dipahami oleh kalian mengenai panggilan dan stana Bhatara diantaranya:
1. Waktu beliau masih terbilang muda , namanya Ki Taruna Bali
2. Saat beliau jadi junjungan (sasuhunan), beliau disebutkan Si Hyang Sinuhun Kidul
3. Saat beliau bawa (pahami) pengetahuan (tattwa) mengenai usada dan pengetahuan (tattwa) mengenai kesucian beliau disebutkan Bhatara Gde Sakti Ngawa Rat.
4. Ketiak beliau bawa (pahami) pengetahuan (tattwa) mengenai usada dan pengetahuan (tattwa) mengenai kesucian bersama dengan Bhagawan Sakru, Bhgawan Manggapuspa, Mpu Siwa Sogata(Siwa-Budha), ke arah Bukit Gumang disebutlah beliau Bhatara Gde Gumang.
5. Duk beliau bersatu dengan Bhatara Saat, berstana di Bale Agung namanya Bhatara Gede Sakti
6. Saat beliau berencana pembaruan-perbaikan di pulau Bali, panggilan beliau ialah Dewa Gede Kebo Iwa
7. Saat beliau pergi bawa sampir dan bergelang kana, masalimpet (berselendang) kanan kiri, beliau disebutkan Bhatara Guru.
8. Saat beliau bawa Salumbang membuat tempat tirta, yang disebutkan tirta telaga waja, tirta Bima, tirta Bayu, tirta sudhamala, tirta bang, tirta mambar mumbur, tirta sapuh jagat, tirta pasupati, tirta pariampeh, tirta bungkah, tirta sampian mas, saat itu beliau namanya Bhatara Amurbeng.